Pernahkah anda berbicara dengan orang yang cukup jauh bahkan sangat jauh? Betapa menakjubkannya hal tersebut bukan?hal ini adalah salah satu contoh bukti bahwa perkembanganm teknologi komunikasi selalu berkembang. “Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. “(from Wikipedia Indonesia).

Komunikasi penting dilakukan. Seseorang yang ingin menyampaikna suatu pesan atau informasi kepada orang lain tentu dengan berkomunikasi. “Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan dianut secara sama. Akan tetapi definisi-definisi kontemporer menyarankan bahwa komunikasi merujuk pada cara berbagi hal-hal tersebut.” (Prof. Deddy Mulyana M.A., Ph. D. dalam Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar). Bisa kita rasakan bagaimana kita telah dimanjakan oleh kecanggihan teknologi. Dengan adanya penemuan-penemuan alat penunjang yang dapat kita gunakan dalam berkomunikasi, selalu mengalami kemajuan. Kita membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan berhari-hari jika ingin menyampaikan pesan pada seseorang yang jaraknya cukup jauh dengan kita, karena pada saat itu teknologi berkomunikasi baru sampai pada surat, telegram, kartu ucapan, dan lain-lain. Hingga kemudian Alexander Graham Bell menemukan alat telepon yang mampu menyampaikan gelombang bunyi melalui arus listrik menggunakan kabel. Sebuah penemuan yang membawa kita pada suatu perkembngan yang cukup besar dimana dalam menyampaikan pesan tak perlu lagi berlama-lama. Keefisienan waktu membuat berkomunikasi melalui telepon menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada orang yang berada cukup jauh. Terlebih, dengan berkomunikasi melalui telepon memungkinkan seseorang dapat berbicara dan mendengar langsung suara orang yang ingin diajak berkomunikasi pada waktu yang sama.

“Berkomunikasi mempunyai makna yang luas, meliputi segala usaha penyampaian energi, gelombang suara, tanda diantara tempat, system atau organisme.” (Drs. Jalaludin Rakhmat, M. Sc. dalam Psikologi Komuniikasi). Penemuan telepon bagaikan virus yang menyebar pada masyarakat, dimana hampir semua masyarakat pernah dan lebih memilih untuk memilih menggunakan telepon dalam menyampaikan pesan yang ingin ia sampaikan pada orang yang dituju. Penemuan tidak berhenti sampai disini. Karena seiring berkembangnya teknologi, para ilmuwan terus menerus berusaha menemukan cara agar dapat menciptakan komunikasi yang lebih efektif dan efisien. Dari telepon rumah, yang tidak bisa dibawa kemana-mana menjadi salah satu kelemahannya hingga kemudian adanya telepon umum yang biasa kita jumpai dipinggir jalan, hingga ditemukan suatu perkembangan telekomunikasi dengan menggunakan telepon genggam.
Dewasa ini, hampir setiap orang memiliki telepon genggam. Kehadiran teknologi telepon genggam  sempat ditafsirkan sebagai salah satu gaya hidup, namun kemudian, keefisienan telepon genggam yang mampu dibawa kemana-saja membuat orang-orang merubah persepsinya atas telepon genggam menjadi salah satu kebutuhan penting.
Dapat berkomunikasi dengan orang yang ingin kita ajak berkomunikasi baik untuk penyampaian pesan, pertukaran informasi atau untuk saling menyapa, mepererat tali silaturahmi cukup mempengaruhi psikologi seseorang. Dengan hadirnya telepon, komunikasi dinilai mudah untuk dilakukan. Telepon membuat kita dapat merasakan komunikasi yang tanpa batas ruang dan waktu. Hadirnya telepon genggam membuat kita harus selalu membawa barang ini kemanapun kita pergi. Bahkan beberapa dari kita rela kembali kerumah jika ia ketinggalan membawa telepon genggam.
Hanya terjadi sedikit perubahan ketika kita dihadapkan pada suatu perkembangan telekomunikasi yang tentu lebih canggih yaitu internet. Sebagian orang bahkan sebagian besar masyarakat selain menjadi pengguna telepon juga menjadi pengguna layanan internet yang mampu memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh kita. Namun demikian, hal ini tidak terlalu berimplikasi pemilihan dan penggunaan telepon sebagai alat komunikasi yang vital. Dan hingga saat ini, dimana teknologi semakin berkembang, telepon tetap menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat penting untuk digunakan dan untuk dimiliki dan digunakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan penyampaian pesan dan berkomunikasi secara efektif dan efisien.

referemsi ;
Mulyana, Deddy. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya
Rakhmat M.Sc, Drs Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya
0 Responses

Poskan Komentar